Kamis, 24 April 2014

"anjing mengongong kafila tetap berlalu"


peribahasa yang mungkin tepat ditujukan kepada para pemimpin kita saat ini, atau mungkin juga cara pandang saya yang kurang tepat terhadap mereka!
ada beberapa hal yang membut saya gusar sebenarnya!


1. Wakil rakyar. orang yang menyuarakan kepentingkan semua rakyat, seharusnya. bagaimana mungkin mereka bisa menyuarakan suara rakyat jika mereka lebih suka studi banding keluar negeri dengan biaya triliyunan dari pada menyapa rakyat kecil dan melihat  dengan mata kepala sendiri problematika rakyat kecil. sekali mereka turun kedesa dikawal polisi dan puluan ajudan, dengan cara sperti itu tentu saja mereka tidak akan melihat kekurangan-kekurangan yang ada karena jauh hari sebelum kunjungan kepala desa sudah mendapat intruksi untuk menyambut sehinga semuanya tanpak sempurna.mungkin juga wakil rakyat kita sudah tahu kondisi sebenarnya. meski pun ada yang  memperlihatkan betapa banyak sekali kemiskinan dan ketidak adilan mereka akan bilang "biarkan anjing mengongong kafilah tetap berlalu"


2.pejabat. orang yang melayani masyarakat, seharunya. tidak sediit pelayan rakyat ini yang merasa dirinya adalah calo yang sangat dibutukan jasanya dan pada tingkatan yang lebih tingi dia adalah raja diwilayanya. ingat bantuan khususnya untuk petani, bantuan  beni dan lain2 yang diperuntukan untuk petani tidak ada yang gratis (kenyataannya). benih yang seharusnya dibagikan cuma cuma nyatanya petani harus membayar 15.000/kg denga alasan dari kelompok tani untuk kas dan untuk diberikan kepada petugas terkait yang rantai tertingi sampai pada penguasa. klu kita minta surat kehilangan ke kantor polisi pasti kita dimintai uang administrasi, kalau yang minta agak pintar mereka minta uang untuk ngopi padahal menurut peraturanya kita meminta surat keterangan itu gratis loh. di tingkat desa klu kita mau buat KTP, KK, Akta , jual beli tanah pasti mereka mematok harga yang cukup mahal, untuk KTP mereka mengambil untuk sampai 15,000, KK 50.000 dll.


3. masyarakat. masyarakat kebanyakan itu terlalu baik, masi lugu atau benar2 bodoh, silakan nilai sendiri. andaikan ada caleg, pejabat, kepalah desa yang masyarakat semua sudah faham klu dia itu tukang korupsi tahun depan dia nyalon pasti jadi lagi asal ada uangnya. ada kelompok tani yang memjual pupuk jata kelompok tani dengan harga jauh diatasnya masyarakat juga gak ada yang berani protes (paling juga ngrasani). andaikan ada orang yang membela mereka dengan cara protes pasti masyakat akan mencibir orang tersebut.
ah sudah lah..................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar